Khusus Tenaga Kesehatan, Pekanbaru Dijatah 5.600 Vaksin Covid

Selasa, 05 Januari 2021 - 21:06:16 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil, saat meninjau gudang penyimpanan vaksin Covid di Jalan Kesehatan, Pekanbaru, Selasa (5/1/2021).

Betuah Pekanbaru - Dari 20 ribu dosis vaksin covid yang sudah diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dari Pemerintah Pusat, sebanyak 5.600 di antaranya dijatah untuk Kota Pekanbaru.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil menyebutkan, jatah 5.600 vaksin covid itu akan dikhususkan pertama kali bagi tenaga kesehatan (nakes) yang berjuang di garis depan dalam penanganan Covid-19.

Vaksinasi sendiri disampaikaikan Jamil akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama terdapat sebanyak 2.700 nakes yang akan divaksin covid dan tahap kedua 2.900 nakes.

"Secara keseluruhan, jumlah nakes yang diusulkan menerima vaksin covid berjumlah 7.286 orang. Namun yang baru menerima vaksin sebanyak 5.600 orang, artinya masih ada kekurangan 1.686 orang lagi," ucapnya, usai meninjau gudang penyimpanan vaksin Covid di Jalan Kesehatan, Pekanbaru, Selasa (5/1/2021).

Untuk jadwal penyaluran vaksin sendiri, dikatakan Jamil masih menunggu arahan dari Pemprov Riau. 

"Kita menunggu. Kabarnya diserahkan ke kabupaten kota di Riau ini pada tanggal 12 Januari," ujarnya.

Sesuai rencana awal yang diagendakan Pemerintah Pusat, lanjut Jamil, vaksinasi massal terhadap nakes akan dilakukan secara serentak mulai 14 Januari mendatang.

"Nanti dilakukan secara serentak, nasional akan dilakukan vaksin bersama pada tanggal 14 Januari," tutupnya.

Seperti diketahui, sebanyak 20 ribu dosis vaksin covid telah diterima Riau dari pusat pada Selasa (5/1/2021) pagi. Kini, vaksin tersebut disimpan terlebih dahulu di gudang penyimpanan di Jalan Kesehatan, Kota Pekanbaru sebelum didistribusikan ke 12 kabupaten dan kota di Riau. (rki)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+