Dualisme Pungutan Retribusi di Pasar Panam Sudah Berlangsung Puluhan Tahun

Sabtu, 19 Januari 2019 - 21:16:32 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut saat melakukan pemantauan ketersediaan bahan pokok di salah satu pasar dalam Kota Pekanbaru.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Selain petugas resmi dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, ternyata salah seorang oknum masyarakat juga turut memungut retribusi di Pasar Panam, Jalan Soebrantas, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan.

Bahkan, dualisme pemungutan retribusi di pasar yang dikelola Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru itu sudah berlangsung lama.

Terjadinya dualisme pemungutan retribusi itu dibenarkan Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Dari laporan yang diterima, kata dia, pungutan retribusi oleh oknum masyarakat itu diketahui sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam.

"Iya, sudah lama, sudah ada puluhan tahun dari laporan yang kita terima," akui Ingot, Sabtu (19/1/2019).

Menindaklanjuti laporan itu, pada Rabu (16/1/2019) pagi kemarin, Ingot mengaku sudah turun ke Pasar Panam bersama Anggota DPRD Pekanbaru Yurni Elok yang juga Ketua RW setempat, Sekretaris Kecamatan Tampan, Lurah Tuah Karya, RT dan juga tokoh masyarakat.

"Dari keterangan tokoh masyarakat yang kita terima, bahwa lahan pasar itu memang milik pemerintah kota. Jadi yang sah memungut retribusinya hanya kita," tegasnya.

Tak ingin persoalan tersebut semakin berlarut-larut, Ingot menyatakan akan melaporkannya ke pemerintah kota. Dia berharap akan ada kebijakan atau solusi guna menyudahi dualisme pemungutan retribusi di pasar yang digelar setiap Selasa itu.

"Kita akan bicarakan dulu persoalan ini ke pemko guna mencari solusi penyelesaian," ujarnya.

Melalui pembahasan bersama pemko nanti, Ingot berharap akan ada keputusan final. "Yang kita mau, ya keputusan final. Kalau perlu, kita tindak tegas (oknum masyarakat, red). Kalau sekarang belum bisa kita salahkan, tentu perlu dibahas dulu," tutup dia. (ocu)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+