Ritel Mulai Terapkan Plastik Berbayar Sejak Awal Maret

Rabu, 13 Maret 2019 - 23:49:30 WIB Cetak

Ilustrasi plastik berbayar/net

BETUAH.COM, PEKANBARU - Sejumlah pusat perbelanjaan seperti ritel di dalam Kota Pekanbaru, sejak awal Maret lalu sudah mulai menerapkan plastik berbayar.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru mengaku penerapan plastik berbayar oleh ritel bukan kebijakan pemerintah kota.

"Tapi itu kebijakan masing-masing ritel," kata Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis (14/3/2019).

Meski bukan kebijakan pemerintah kota, namun Ingot mengaku tak mempermasalahkan penerapan plastik berbayar oleh ritel tersebut. Menurut dia, jika warga atau konsumen merasa keberatan maka bisa membawa wadah sendiri dari rumah.

"Kalau mau plastik di ritel, ya bayar. Jika tidak, maka bisa dibawa wadah sendiri dari rumah," ujarnya.

Ingot menilai, penerapan plastik berbayar oleh ritel cukup positif sebagai upaya kampanye mengurangi plastik belanja. Hanya saja, Disperindag belum memastikan untuk mensosialisasikan penerapan plastik berbayar di ritel.

"Kita belum ada rencana melakukan sosialisasi. Saat ini, konsumen bisa menyikapi sendiri. Kalau tidak membawa wadah sendiri, tentu perlu membayar plastik yang disediakan ritel," tutupnya.

Untuk diketahui, kini sejumlah ritel di dalam Kota Pekanbaru sudah mulai menerapkan plastik berbayar dengan harga Rp200. Pembeli akan akan dikenakan tarif plastik jika tidak membawa wadah sendiri saat berbelanja. (abd)



Baca Juga Topik #Ekonomi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+