Dinas Pertanahan Pekanbaru Latih 60 ASN jadi Juru Ukur

Selasa, 09 April 2019 - 15:54:22 WIB Cetak

Kepala Dinas Pertanahan Pekanbaru Dedi Gusriadi saat menghadiri pembukaan pelatihan juru ukur tanah di Hotel Evo, Senin (8/4/2019).

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, melatih sebanyak 60 Aparatur Sipil Negara (ASN) kecamatan dan kelurahan se-Pekanbaru menjadi juru ukur tanah.

Kepala Dinas Pertanahan Pekanbaru Dedi Gusriadi mengatakan, pelatihan juru ukur tanah yang dipusatkan di Hotel Evo itu mendatangkan narasumber Geophysical dari Bogor dan dua narasumber dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Riau.

"Pelatihan ini digelar selama empat hari terhitung Senin (8/9/2019) hingga Kamis (11/4/2019)," ungkapnya, Selasa (9/4/2019).

Dua hari pertama, terang Dedi pelatihan difokuskan pada penyampaian teori. Kemudian hari ketiga dan keempat peserta akan turun langsung ke lapangan mempraktekan ilmu yang telah dipelajari.

"Sehingga, jika ada yang belum dimengerti saat praktek, peserta bisa bertanya dan memperbaiki kesalahan hingga mahir dalam mengukur," ujarnya.

Selain menggelar pelatihan, pada kesempatan itu Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru juga melaunching WebGIS "Smart Petaku". Dedi menyebut, website itu adalah upaya Dinas Pertanahan mendukung program Walikota Pekanbaru menuju Pekanbaru Smart City Madani.

"Dari website ini, pemerintah bisa melihat langsung aset-aset pemerintah yang ada di kecamatan maupun kelurahan se-Kota Pekanbaru," papar dia.

Di samping itu, Dedi mengingatkan kepada aparat kelurahan dan kecamatan agar lebih hati-hati dalam mengeluarkan surat tanah. "Harus sesuai dengan Perda tentang izin membuka lahan atau tanah," tutup mantan Kepala Dinas PU Pekanbaru ini.  (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+