Mal Pelayanan Publik Pekanbaru Sudah Dikunjungi 40 Daerah di Indonesia

Sabtu, 04 Mei 2019 - 12:56:42 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru M Noer didampingi Kepala DPMPTSP Muhammad Jamil bersama pemimpin rombongan 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah di MPP Pekanbaru baru-baru ini.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dua bulan usai diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, hingga kini Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru sudah dikunjungi sebanyak 40 kabupaten/kota di Indonesia.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMP-PTSP) Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan, puluhan daerah yang berkunjung ke MPP itu keseluruhannya ingin mempelajari sistem pelayanan yang ada di MPP.

"Ini merupakan motivasi bagi kita, karena meski baru diresmikan oleh Menpan, namun MPP Pekanbaru sudah dijadikan sebagai rujukan oleh kabupaten/kota di Indonesia," ujar Jamil kepada Betuah.com Sabtu (4/5/2019).

Saat ini, terang dia, terdapat sebanyak 26 instansi pemerintah, lembaga, perbankan dan swasta yang telah bergabung memberi pelayanan di MPP. 

"Dalam waktu dekat akan bergabung lagi empat instansi di antaranya Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, BNN dan BBPOM Pekanbaru. Sebelum bergabung, nanti akan dilakukan penandatanganan kerjasama terlebih dahulu," ucapnya. 

Disampaikan Jamil, dari 26 instansi pemerintah, lembaga, perbankan dan swasta yang telah berkantor di MPP, terdapat sebanyak 197 pelayanan perizinan dan non perizinan yang ditangani dengan jumlah kunjungan per hari mencapai satu ribu orang.

"Kunjungan ini terus meningkat. Awalnya cuma 300 orang, dan sekarang sudah mencapai 1.000 kunjungan," ungkapnya.

Mengingat terus betambahnya instansi yang bergabung dan meningkatnya jumlah kunjungan, DPM-PTSP bakal menyulap bangunan kantor bekas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) di kompleks perkantoran Walikota Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman sebagai MPP. 

Nantinya, sebut Jamil, kantor BKP-SDM lama tersebut akan difungsikan untuk layanan yang butuh kapasitas cukup besar seperti tempat pengurusan paspor, Samsat dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Untuk MPP saat ini, nantinya khusus pelayanan yang tidak membutuhkan ruangan terlalu besar," kata dia.

Dengan pelebaran MPP nanti, Jamil berharap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan tetap maksimal meskipun jumlah kunjungan terus meningkat. "Itu salah satu tujuan kantor BKPSDM lama kita fungsikan sebagai MPP," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+