Walikota Pekanbaru Perintahkan Dua OPD Awasi Takjil di Pasar Ramadhan

Senin, 13 Mei 2019 - 19:29:45 WIB Cetak

Berbagai jenis makanan yang dijual pedagang di pasar Ramadhan

BETUAH.COM, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus, memerintahkan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Kesehatan agar meningkatkan pengawasan terhadap makanan dan minuman berbuka puasa yang dijual di pasar Ramadhan.

Firdaus menilai, pengawasan sangat perlu dilakukan untuk memastikan makanan dan minuman berbuka puasa yang dijual di pasar Ramadhan tidak mengandung zat berbahaya seperti formalin dan borak.

Dalam pengawasan di lapangan, kedua instansi terkait diminta berkoordinasi dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru.

"Tujuannya untuk memastikan makanan dan minuman berbuka puasa yang dijual pedagang di pasar Ramadhan aman dikonsumsi," ujarnya, Senin (13/5/2019).

Menurut Firdaus, pasar Ramadan harus dikontrol oleh OPD terkait baik dari sisi kehigienisan, kehalalannya, maupun kebersihannya. 

"Jadi masyarakat membeli makanan pun tenang karena tak ada bahan makanan yang dicampur dengan formalin dan borak dan bahan atau zat berbahaya lainnya,"tutup mantan Kepala Dinas PU Riau ini.

Sejak awal Ramadhan lalu, keberadaan pasar musiman ini menjamur di seluruh wilayah Kota Pekanbaru. Berbagai jenis takjil atau makanan dan minuman berbuka puasa banyak dijual pedagang setiap sore-nya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+