PPDB Sepi, Sejumlah Sekolah Swasta di Pekanbaru Terancam Tutup

Kamis, 04 Juli 2019 - 21:20:32 WIB Cetak

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal

BETUAH.COM, PEKANBARU - Calon peserta didik yang melamar ke sekolah negeri tingkat SD dan SMP selama proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 yang berlangsung sejak 1 hingga 3 Juli, membludak.

Hal itu berbanding terbalik dengan nasib sekolah swasta. Yang mana, selama PPDB berlangsung, calon peserta didik yang memasukkan berkas pendaftaran sangat minim hingga membuat sejumlah sekolah terancam tutup.

Minimnya calon peserta didik baru di sekolah swasta itu diakui Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal. "Ya, informasinya seperti itu. Ada beberapa sekolah yang calon peserta didik baru-nya sedikit, hanya beberapa orang bahkan ada yang hanya tiga orang. Ini tentu sangat kita sayangkan," ujarnya, Kamis (4/7/2019).

Padahal, kata Jamal, pihaknya jauh-jauh waktu telah mengimbau orangtua calon siswa agar tidak terfokus memasukan anaknya ke sekolah negeri mengingat masih banyak sekolah swasta yang berkualitas di Pekanbaru.

"Sebelum PPDB sudah kita himbau untuk tidak memaksakan anak masuk ke sekolah negeri, karena swasta kan bisa juga," ucapnya.

Diumumkan Besok 

Sementara untuk hasil seleksi PPDB sendiri akan diumumkan secara serentak pada Jumat (5/7/2019). Pada PPDB tingkat SDN dan SMPN, Jamal menyebut jumlah pendaftar melebihi kuota khususnya kuota zonasi.

Guna menampung siswa tempatan yang melebihi kuota zonasi, Dinas Pendidikan bakal memanfaatkan kuota siswa berprestasi sebesar 15 persen dan pindahan 5 persen yang diperkirakan belum tercukupi hingga PPDB usai.

"Untuk kuota zonasi yang penuh, nanti bisa mengisi kuota pindahan dan berprestasi. Kalau ada yang kosong (kuota siswa berprestasi dan pindahan), itu kita isi. Tapi akan ada skala prioritas yakni bagi siswa dari keluarga kurang mampu," ungkapnya.

"Hanya saja, mereka tidak bisa memilih sekolah, kita yang menentukan sekolahnya," tutup Jamal menambahkan. (abd) 



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+