Kawanan Gajah Liar Dekati Pemukiman Warga di Kecamatan Tapung

Sabtu, 06 Juli 2019 - 14:57:24 WIB Cetak

Gajah latih dan tim BBKSDA Riau yang bertugas meghalau kawanan gajah liar yang mendekati pemukiman warga di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, menghalau 11 gajah liar yang mendekati pemukiman warga di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Humas BBKSDA Riau Dian Indriati menyebut, untuk menghalau belasan gajah liar itu pihaknya mengerahkan dua ekor gajah latih dan kini masih berada di lapangan.

"Dua ekor gajah jinak yang kita kerahkan berasal dari Pusat Latihan Gajah Riau di Minas. Nanti gajah jinak ini akan mengiring kawanan gajah liar agar menjauh dari pemukiman warga," ungkapnya, Sabtu (6/7/2019).

Proses penggiringan, kata Dian, telah berlangsung sejak Jumat (5/7/2019) sore dibantu sejumlah warga, masyarakat peduli api (MPA) dan Babinsa setempat.

"Kita masih melakukan penggiringan kawanan gajah liar dari lokasi semak belukar yang berdekatan dengan kebun warga," ujarnya.

Dalam penggiringan itu dilakukan penjagaan di beberapa titik lintasan, agar kawanan gajah liar tidak masuk kembali ke daerah pemukiman. "Sampai saat ini tim masih terus berada di lokasi melakukan penjagaan," ucapnya.

Selain di Kampar, terang dia, tim BBKSDA Riau juga tengah melakukan pengusiran terhadap 6 ekor gajah liar yang masuk ke perkebunan warga di Kecamatan Peranap dan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu.

"Hingga kini proses penghalauan masih berlangsung untuk menggiring gajah liar ke habitatnya di kawasan hutan landskap Tesso Nilo," tutupnya. (red)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+