Musim Hujan, DPRD Pekanbaru Minta PUPR Prioritaskan Penanganan Banjir

Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:19:16 WIB Cetak

Banjir sesaat pasca hujan merendam jalan dan pemukiman warga di wilayah Kecamatan Sukajadi, Kamis (17/10/2019). (Foto Istimewa)

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat agar memprioritaskan penanganan banjir mengingat Kota Bertuah mulai memasuki musim hujan. 

Menurut Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani, kondisi dan kebersihan saluran pembuangan air atau drainase mesti mendapat perhatian serius sehingga ketika hujan, air tak terlalu lama menggenangi badan jalan dan pemukiman warga.

"Sama halnya dengan bencana asap, bencana banjir juga bencana yang hampir setiap tahun terjadi. Maka itu harus masuk tugas prioritas agar persoalan ini bisa tuntas," pintanya, Kamis (17/10/2019).

Dikatakan politisi PKS ini, penanggulangan bencana banjir harus dilakukan dengan tepat sesuai dana yang dikeluarkan.

"Bencana banjir harus jadi prioritas utama Pemko, prioritas utamanya bagaimana? Yaitu dengan penganggaran yang tepat. Ya, sesuai dengan cash yang kita miliki. Cash banjir dan sampah dan lainnya juga. Tentu kita bisa melihat mata anggaran itu," ucap dia. 

Untuk itu, Hamdani meminta keseriusan pemerintah kota melalui Dinas PUPR dan Perkim dalam penanggulangan banjir dengan anggaran yang dimiliki.

"PUPR khususnya dan juga Perkim harus serius dalam menghadapi persoalan musiman ini. Anggaran yang cukup besar bisa diperuntukkan secara proporsional untuk penanganan banjir," tutupya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengaku jika penanganan banjir masih terkendala akibat belum adanya peta induk drainase dan anak sungai.

Disebut Indra, peta induk drainase dan anak sungai merupakan komponen penting bagi pemerintah kota dalam mengurai persoalan banjir sesaat yang kerap merendam pemukiman dan jalan di sejumlah titik dalam kota.

Untuk itu, kini Dinas PUPR tengah menggesa pembentukan peta induk tersebut dan ditargetkan rampung sebelum akhir Desember 2019 mendatang.."Kita masih rancang, dan ditargetkan juga oleh pak walikota akhir tahun ini dapat kita selesaikan," ujarnya. (ocu) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+