Disdukcapil Pekanbaru Musnahkan Belasan Ribu e-KTP Rusak

Sabtu, 02 November 2019 - 22:21:47 WIB Cetak

Proses pemusnahan e-KTP rusak di kantor Disdukcapil Pekanbaru, Jumat (1/11/2019) sore.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru memusnahkan sebanyak 16.367 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan 8.283 KTP Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang rusak atau invalid.

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita mengatakan, pemusnahan dengan cara dibakar itu sesuai Surat Edaran Kementrian Dalam Negri (SE Kemendagri) nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP rusak atau invalid.

"Dulu pemusnahan e-KTP yang rusak itu digunting. Tapi sekarang e-KTP yang sudah rusak dimusnahkan dengan cara dibakar," ungkapnya ditemui usai pemusnahan belasan ribu e-KTP dan ribuan KTP SIAK tersebut di kantor Disdukcapil setempat, Jumat (1/11/2019) sore.

Untuk penyebab kerusakan e-KTP, sebut dia, umumnya berupa salah ketik nama, salah alamat, atau karena ada permohonan pindah alamat dan lain sebagainya. Pemusnahan dilakukan guna mencegah e-KTP yang rusak dan tidak terpakai disalahgunakan.

"Jadi yang rusak langsung kita musnahkan. Kami pastikan ini tidak bisa dipakai lagi," ucapnya.

Pemusnahan itu turut disaksikan oleh Sekretaris Disdukcapil Pekanbaru Seniawati Hais, Irban Inspektorat Kota Pekanbaru Tedi Suhendri, Kasih pada Inspektorat Kota Pekanbaru Firmansyah serta Kasubag Umum dan Kepegawaian Elizar. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+