DPRD Pekanbaru Sahkan Tiga Ranperda Menjadi Peraturan Daerah

Rabu, 16 Januari 2019 Cetak

PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, mengesahkan tiga rancangan peraturan daerah (ranperda) menjadi peraturan daerah atau perda.

Pengesahan tiga itu berlangsung melalui rapat Paripurna di ruang Paripurna gedung DPRD setempat, Senin (14/1/2019). Paripurna dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru Sahril didampingi tiga Wakil Ketua DPRD di antaranya Jhon Romi Sinaga, Sigit Yuwono dan Nofrizal, serta Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer.

Ketiga perda yang disahkan itu yakni Perda Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau CSR, Perda Penyelenggaraan Kearsipan, dan Perda Rencana Pembangunan Industri Kota (RPIK) Pekanbaru 2018-2038.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Jhon Romi Sinaga usai paripurna menyampaikan, wakil rakyat berharap tiga perda yang baru disahkan itu bisa memberikan kontribusi kepada masyaarakat, salah satunya Perda CSR Perusahaan. 

"Dimana pihak perusahaan bisa memberi andil dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Pekanbaru," harap dia.

Sementara itu, Sekdako Pekanbaru M Noer menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD yang telah membahas dan mengesahkan tiga ranperda itu sebagai payung hukum kebijakan pemko ke depannya.

"Kita ucapkan terima kasih kepada anggota dewan yang telah melakukan pembahasan yang cukup panjang dan bisa disahkan jadi perda. Setelah ini kita menunggu verifikasi pemerintah provinsi dan diserahkan kembali ke pemerintah kota untuk disosialisasikan dan diterapkan," ujarnya.

Mengenai Perda CSR, M Noer mengajak pihak perusahaan untuk berpartisipasi dalam memberikan bantuan CSR kepada masyarakat, terlebih lagi saat ini pihak perusahaan sudah dilindungi dan mempunyai payung hukum dalam menyalurkan bantuan sosial yang lebih terukur dan terjamin. 

Turud hadir pada paripurna itu, sejumlah Anggota DPRD Pekanbaru dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. (galeri) 

Dari kanan, Wakil Ketua DPRD Nofrizal, Sigit Yuwono, Jhon Romi Sinaga, Ketua DPRD Pekanbaru Sahril, Sekdako Pekanbaru M Noer dan Asisten I Setdako Azwan, foto bersama usai Paripurna pengesahan tiga peraturan daerah

Wakil Ketua DPRD Jhon Romi Sinaga dan Sekdako Pekanbaru M Noer menandatangani berita acara pengesahan tiga ranperda menjadi perda

Anggota DPRD Pekanbaru menghadiri paripurna pengesahan tiga ranperda menjadi perda

Sekdako Pekanbaru M Noer menyampaikan laporan pada paripurna pengesahan tiga ranperda menjadi perda

Anggota DPRD Pekanbaru menyanyikan lagu Indonesia Raya pada paripurna pengesahan tiga ranperda menjadi perda

Plt Sekwan DPRD Pekanbaru Alek Kurniawan menyampaikan laporan pada paripurna pengesahan tiga ranperda menjadi perda

Anggota DPRD Pekanbaru menghadiri paripurna pengesahan tiga Ranperda

Muspida dan pejabat pemko menghadiri paripurna pengesahan tiga ranperda menjadi perda

Anggota DPRD Pekanbaru menghadiri paripurna

Kepala Bagian Persidangan Setwan Rizal (kanan) menghadiri paripurna pengesahan tiga ranperda menjadi perda

Anggota DPRD Kota Pekanbaru menghadiri rapat paripurna

Pejabat Pemko Pekanbaru menghadiri rapat paripurna

Suasana rapat paripurna pengesahan tiga ranperda menjadi perda